Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pages

STAIL Hidayatullah Surabaya kampusku

sobat aku adalah seorang mahasiswa di salah satu sekolah tinggi islam dikota pahlawan Surabaya, nama kampusku STAI Luqman AL-Hakim. kampusku sedikit berbeda dengan kampus-kampus pada umumnya, karena kampus ku juga merupakan bagian dari unit kegiatan pendidikan sebuah pesanteren yaitu pesanteren Hidayatullah Surabaya. di situlah letak keunikannya sob, disatusisi kami mahasiswa disisi lain kami juga seorang santeri, jadi kami para mahasiswa di sini tidak hanya medapat pelajaran matakuliah seperti para mahasiswa sekolah tinggi islam pada umumnya, di sini kami juga mendapatkan pelajaran kepesanterenan, karena
 itulah kampus kami dijuluki sebagai pesanteren mahasiswa. di sini semua kegiatan sudah tersusun rapi sejak bangun tidur sampai tidur kembali dengan aturan dan ketentuan yang telah disepakati bersama.

salah satu keunikan lain adalah, para mahasiswa di sini merupakan putra daerah dari berbagai propinsi di nusantara. kebayangkan sob bagaimana asiknya bisa berinteraksi dengan berbagai macam tipe, sifat dan logat bahasa yang beragam pokoknya asik, lucu dan unik sob. inilah salah-satu faktor yang membuat aku betah tingal di sini, karena bisa dapat banyak pengalaman disamping itu juga banyak teman, walaupun terkadang bikin kesal juga sich, soalnya kadang-kadang sering terjadi miscomunikasi alias sering ngak nyambung kalau lagi ngomong kita bilang apa dijawab apa.
disini kami para mahasiswa selain diberi matakuliah seperti pada kampus-kampus islam pada umumnya, kami juga dibekali dengang ilmu-ilmu yang lain seperti Akidah-Ahlak, fiqih, hadist, dan ilmu penunjang lainnya seperti bahasa arab dan bahasa inggeris, hal ini dimaksudkan untuk bekal kami nanti ketika sudah lulus. selain itu para mahasiswa juga diberikan tugas lapangan secara langsung baik diluar kampus maupun didalam kampus, seperti menjadi takmir masjid, mengajar di TPA/TPQ binaan pesanteren, mengisi pengajian ibu-ibu dll. pokoknya semua mahasiswa mendapat job masing-masing sesuai kemampuan dan minat yang dia miliki, tentunya ini dimaksudkan para dosen dan pengurus pesanteren untuk memberi pelajaran secara langsung kepada kami agar ketika sudah lulus tidak canggung lagi untuk berintraksi dan memahami permasalahan yang ada dimasyarakat.selain kegiatan-kegiatan ysng bersifat wajib seperti yang telah saya paparkan diatas, para mahasiswa juga bebas melakukan kegiatan-kegiatan yang sekirany dapat menambah wawasan dan pengetahuan para mahasiswa, seperti mengadakan kegiatan seminar-seminar baik dibidang pendidikan, sosial, dan ekonomi atau pelatihan-pelatihan yang bersifat meningkatkan skil seperti, interpruner, terener dll, bahkan pihak pesanteren juga memberikan kebebasan kepada para mahasiswa yang inggin mengembangkan dirinya dibidang interpreuner baik didalam lingkungang kampus maupun diluar kanpus, tentunya kegiatan-kegiatan yang dilakukan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan wajib, jika ada yang melangar tentu akan mendapat sangsi sesuai dengan kesepakatan.
Sejak berdirinya 1998 STAI Luqman AL Hakim memiliki 2 (dua) jurusan yaitu, Jurusan Dakwah dengan prodi (program studi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Jurusan Tarbiyah dengan Prodi Manajemen Pendidikan islam (MPI).
  Sekolah tinggi agama islam Luqman ALl-Hakim memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang ungul dalam menghasilkan kader dan leader yang profisional, yang mana prara lulusannya mampu terjun langsung kemasyarakat dan bisa menjadi problem solver bagi permasalahan sosial kemasyarakatan yang ada.untuk mewujudkan itu salah-satu caranya dengan menyebar para wisudawannya setiap tahun keseluruh pelosok nusantara.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

muarra mengatakan...

wah ayo bro selalu semnagt,, bagus baget artikel ente,,,
semoga kita bisa selalu saling sharing ya,,

sukses mengatakan...

assaalamualakum,wr wb.
sob, kalau boleh tau situ ngambil jurusan apa?

Posting Komentar